STOP SOPA/PIPA ACT

Memutar mp3 dengan terminal

Di Ubuntu Linux, setelah selesai menginstall codec, ada banyak aplikasi GUI yang dapat kita gunakan untuk memutar file-file berekstensi mp3. Rhytmbox, Totem, Songbird, VLC, mplayer adalah beberapa diantaranya. Nah jika ingin yang sedikit lebih ekstrim (cieer..cieer..cieer, ekstrim kamma boss), kita dapat menggunakan terminal.

Buka terminal, masuk ke direktori penyimpanan lagu dengan perintah cd, sebagai contoh, saya menyimpan file-file mp3 saya di direktori /media/entertainmen/lagu/radiohead.

#cd /media/entertainmen/lagu/radiohead

Setelah direktorinya berpindah, ketikkan

#mplayer -vo ffmpeg *.mp3

mplayer adalah pemutar mp3nya, -vo adalah pilihan output driver dan ffmpeg adalah driver yang kita gunakan untuk memutar file mp3.

Cara tersebut di atas digunakan ketika kita ingin memutar semua file file mp3 yang terdapat dalam folder radiohead. Jika hanya ingin memutar satu lagu tertentu, cukup ketikkan judul lagunya, misalnya....

#mplayer -vo ffmpeg “fake plastic tree.mp3”

menggunakan tanda kutip “” jika pada judul lagu terdapat spasi, jika tidak terdapat spasi, cukup ketikkan judulnya langsung tanpa tanda kutip.

Nah bagaimana misalnya jika kita ingin memutar lagu via terminal tapi file-file mp3nya berada di direktori yang berbeda-beda?

Bisa, gada masalah!! Cukup buat sebuah playlist dengan gedit seperti gambar di atas. Save dengan ekstensi m3u.

Kembali ke terminal, masuk ke direktori penyimpanan playlist yang tadi telah dibuat.

#mplayer -playlist nama_playlist.m3u

Untuk mem-pause lagu yang sedang jalan, kita dapat menekan Space, untuk next song tekan enter, dan untuk stop tekan Q, untuk mempercepat track lagu tekan tombol direction.

That's all..... Selamat menikmati mp3 via terminal......


2 Responses to Memutar mp3 dengan terminal

Leave a Reply