STOP SOPA/PIPA ACT

Driver wifi Realtek rtl8187b

Beberapa hari yang lalu saya menginstall Ubuntu 9.04 pada laptop seorang teman. Laptopnya Axioo (tipenya lupa) dengan VGA SIS Mirage 3 671/771,. Untuk driver VGA SIS sich ga bermasalah, walaupun masih 2D, drivernya sudah tersedia dan itu sudah cukup untuk membuat vganya berjalan dengan stabil. Nah sekarang driver wlannya nich yang masalah... Network Manager applet-nya dapat menangkap sinyal wifi yang ada dalam jangkauan, tapi kok ga mau konek yah wifinya??
cek ulang hardwarenya.. (wah Realtek rtl8187b) (pusing juga nich) apa ya kira-kira masalahnya?? wifi dapat tapi kok ga mau konek....
Wah baru sadar setelah baca di ubuntu forum, driver standar bawaaan ubuntu adalah driver Realtek rtl8187, bukan Realtek rtl8187b...pantesan aja begitu,,
Ubek2 google, akhirnya dapat juga solusinya di Ubuntu forum....
Download drivernya di http://ubuntuforums.org/attachment.php?attachmentid=111328&d=1240801314 (Login dulu untuk bisa donlot drivernya)
trus ekstrak, dan cd ke folder hasil ekstrakan....
install drivernya dengan perintah
$sudo make
$sudo make install
Setelah driver terinstall, blacklist driver lama yang ada di direktori
/etc/modprobe.d/
sudo gedit blacklist.conf
dan tambahkan
# old drivers
blacklist rtl8187
reboot.... dan wuuuiiiih akhirnya, wifinya bisa konek juga......

6 Responses to Driver wifi Realtek rtl8187b

  1. di Ubuntu 9.10 Karmic Koala, kok gak mau ya?
    Saya juga kedetect nya Rtl 8187, kadang konek, tapi lambat....
    trs diganti dr download yg Rtl 8187b, masih gak mau... malah gak ke scan...

  2. tulungin saya, saya pake ubuntu 10.10 meerkat. di aplet manager network tidak dpt menangkap wifi. sebagai informasi saya pake laptop toshiba l510. sudah 2 kali saya instal ubuntu 10.10 di laptop saya. instalasi pertama wifi kedetek tapi instalasi yg kedua tidak detek. tolongin dong soklusinya. thanks

Leave a Reply